BMKG: Gempa M6,1 Melonguane Timbulkan Kerusakan di Pulau Kabaruan

Subhan Sabu · Sabtu, 22 Januari 2022 - 14:15:00 WITA
BMKG: Gempa M6,1 Melonguane Timbulkan Kerusakan di Pulau Kabaruan
Rumah warga di Kabaruan, Talaud, Sulawesi Utara rusak akibat gempa bumi magnitudo 6,1 pada Sabtu (22/1/2022). (Foto: Subhan Sabu).

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi magnitudo 6,1 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara pada Sabtu (22/1/2022) pagi menyebabkan kerusakan di Pulau Kabaruan, Kabupaten Kepulauan Talaud. Terjadi gempa susulan sebanyak lima kali.

"Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan di Desa Pangeran, Pulau Kabaruan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno melalui keterangan resminya, Sabtu (22/1/2022).

Bambang menjelaskan, gempa bumi yang terjadi di Melonguane merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktifitas sesar.

Hal itu dipastikan berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa. 

Berdasarkan hasil pemantauan BMKG, gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami. Hanya saja, sudah terjadi gempa susulan sebanyak lima kali dengan magnitudo terbesar M3,7. 

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," imbau Bambang. 

Dia meminta masyarakat memastikan bangunan tempat tinggal cukup kuat menahan gempa apabila ingin kembali ke rumah. 

"Ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," kata Bambang.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: