Bulog Sulutgo Siap Salurkan CBP jika Ada Permintaan dari Pemda Bolaang Mongondow Selatan

Antara ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 15:19 WIB
Bulog Sulutgo Siap Salurkan CBP jika Ada Permintaan dari Pemda Bolaang Mongondow Selatan
Ilustrasi beras bulog. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id - Perum Bulog Divre Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) siap menyalurkan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada masyarakat terdampak banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulut. Masyarakat diminta tak khawatir karena stok beras cukup banyak.

"Kami siap menyalurkan beras CBP, jika ada permintaan dari pemda setempat," kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut, Eko Hari Kuncahyo, di Manado, Sabtu (25/7/2020).

Saat ini, stok beras di gudang Bulog SulutGo sebanyak 8.000 ton, sedangkan stok di wilayah Bolmong 1.100 ton. CBP Kabupaten Bolsel ditargetkan pemerintah sebanyak 100 ton, dan mengeluarkannya jika terjadi bencana alam dan krisis pangan.

"Pada saat terjadi bencana dan keadaan darurat mengganggu ketahanan pangan, maka CBP bisa dikeluarkan dari gudang Bulog," katanya.

Sebelumnya, banjir terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Jumat (24/7/2020) sekitar pukul 01.30 WIB dengan TMA 50-150 sentimeter. Bencana ini akibat hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya Sungai Salongo, Sungai Molibagu, Sungai Tolondadu dan beberapa sungai lainnya.

Berdasarkan data akun twitter BNPB Indonesia, ada 22 desa yang terdampak banjir di Bolsel. Kecamatan Bolaang Uki sebanyak 12 desa, di Kecamatan Helumo enam desa, dan Kecamatan Tomino empat desa.


Editor : Umaya Khusniah