16 Desa di Bolsel Diterjang Banjir dan Longsor, 1 Jembatan Putus

Sindonews, Cahya Sumirat ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 14:33 WIB
16 Desa di Bolsel Diterjang Banjir dan Longsor, 1 Jembatan Putus
Jembatan di Desa Bakida, Kecamatan Helumo, Bolsel yang ambruk diterjang luapan sungai. (Foto: Istimewa)

MOLIBAGU, iNews.id - Banjir dan longsor melanda beberapa desa di wilayah Kabupaten Bolaang Mongodondow Selatan (Bolsel) Jumat (24/7/2020) hari ini. Update terkini, sedikitnya 16 desa terendam banjir akibat hujan yang tak kunjung reda sejak beberapa hari terakhir.

"Kecamatan Bolaang Uki sekitar 12 desa, Kecamatan Helumo empat desa. Namun kami sementara mengambil data tapi terhalang longsor sehingga tidak bisak ke bagian Posigadan,” ujar Kepala BPBD Bolsel Danan Mokodompit, Jumat (24/7/2020) siang.

Meski data belum diperoleh, namun keterangan warga ada ribuan rumah yang terendam banjir serta terdampak kerusakan akibat terjangan banjir.

Selain merendam rumah warga di sejumlah desa, luapan sungai lebih dari satu meter mengakibatkan terputusnya Jembatan di Desa Bakida, Kecamatan Helumo. Selain itu akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Bolsel dan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terputus.

“Iya informasinya Jembatan Bakida rusak diterjang banjir,” kata seorang warga bernama Malik Suma.

Selain jemabatan ambruk, diperoleh informasi longsor terjadi di jalan penghubung antarkabupaten. Jalan tersebut saat ini masih tertutup material longsor sehingga kendaraan tak dapat lewat.


Editor : Donald Karouw