Curah Hujan Tinggi, Bolaang Mongondow Selatan Dilanda Banjir

Sindonews, Cahya Sumirat ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 12:43 WIB
Curah Hujan Tinggi, Bolaang Mongondow Selatan Dilanda Banjir
Banjir merendam sejumlah lokasi di Molibagu, ibu kota Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). (Foto: SINDOnews/Cahya S)

MOLIBAGU, iNews.id - Curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara menyebabkan banjir di sejumlah lokasi pada Jumat (24/7/2020) pagi. Hujan deras sudah melanda daerah tersebut sejak Kamis (23/7/2020) malam.

Kepala BPBD Bolsel Danan Mokodompit mengatakan, debit air mulai naik pada pukul 03.00 Wita. Akibatnya banjir terjadi di sejumlah lokasi.

"Hujan yang turun sejak Kamis malam mengakibatkan air meluap. Dan pada jam 03.00 Wita dini hari, air mulai naik menggenangi ibu kota kabupaten di Molibagu dan sekitarnya," ujarnya, Jumat (24/7/2020).

Sebelumnya, BMKG memang telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk Provinsi Sulut. Daerah berpotensi terjadi hujan sedang hingga Lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di wilayah Bolmong Selatan (seluruh wilayah), Kota Kotamobagu (seluruh wilayah) dan Bolmong Timur (seluruh wilayah).Bahkan cuaca ekstres dapat meluas ke wilayah Minahasa Tenggara (seluruh wilayah), Bolmong (bagian selatan dan timur), Bolmong Utara (bagian selatan, dan timur).

Banjir di Bolsel memang sering terjadi. Sebelumnya awal Juli juga terjadi banjir dan longsor di beberapa wilayah. Bahkan akses masuk ke Kabupaten Bolsel sempat terputus akibat longsor di Dusun Bolangaso, Desa Molibagu.


Editor : Donald Karouw