Edaran Menag: Pejabat dan ASN Dilarang Bukber hingga Open House

Widya Michella Nur Syahid · Kamis, 31 Maret 2022 - 20:49:00 WITA
Edaran Menag: Pejabat dan ASN Dilarang Bukber hingga Open House
Ilustrasi buka bersama. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang mengadakan atau menghadiri kegiatan buka puasa bersama hingga open house. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran terbaru Kemenag Nomor 8 Tahun 2022.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melarang  meminta jajaran ASN menjadi teladan penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1443H/2022M.

“Pejabat dan Aparatur Sipil Negara dilarang mengadakan atau menghadiri kegiatan buka puasa bersama, sahur bersama, dan/atau open house Idul Fitri,” ujar Menag dalam surat edarannya, Kamis (31/3/2022).

Dalam edaran, Menag membolehkan umat Islam mengisi dan meningkatkan amalan pada bulan suci Ramadan. Salat tarawih, iktikaf, tadarus Aquran, pengajian, zakat, infak, sedekah dan wakaf dibolehkan dengan tetap menerapkan prokes.

Berikut ketentuan dalam Edaran Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1443 H:

1. Umat Islam melaksanakan ibadah Ramadan dan Idul Fitri sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

2. Umat Islam dianjurkan untuk mengisi dan meningkatkan amalan pada bulan Ramadan, seperti salat tarawih, iktikaf, tadarus Al Qur’an, pengajian, zakat, infak, sedekah, dan wakaf dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

3. Dalam penyelenggaraan ibadah Ramadan dan Idul Fitri, pengurus dan pengelola masjid/musala memperhatikan Surat Edaran Menteri Agama mengenai pelaksanaan kegiatan peribadatan/keagamaan di tempat ibadah pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sesuai dengan status level wilayah masing-masing dan menerapkan protokol kesehatan.

4. Pengurus dan pengelola masjid/musala sebagaimana dimaksud pada angka 3 wajib menunjuk petugas yang memastikan sosialisasi dan penerapan protokol kesehatan kepada seluruh jemaah.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: