Firli Bahuri Sebut 150 Kepala Daerah Tersangkut Korupsi, Terbanyak Kasus Suap

Dita Angga · Kamis, 10 Juni 2021 - 19:15:00 WITA
Firli Bahuri Sebut 150 Kepala Daerah Tersangkut Korupsi, Terbanyak Kasus Suap
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebut ada 150 kepala daerah yang tersangkut kasus korupsi. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebut sebanyak 150 kepala daerah tersangkut kasus korupsi. Sebanyak 21 orang di antaranya merupakan gubernur dan bupati/wali kota sebanyak 129 orang.

Hal itu disampaikan Firli saat memberikan pembekalan kepada bupati/wali kota beserta wakilnya yang merupakan kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020. Pembekalan ini digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dia pun mengingatkan agar kepala daerah tidak korupsi. Selain itu dia juga mengingatkan program penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi juga memiliki risiko terjadinya korupsi.

“Mulai dari perencanaan, pengesahan, implementasi dan evaluasi. Pada tahapan-tahapan tersebut ada risiko terjadinya fraud,” katanya dalam acara pembekalan yang dilaksanakan virtual, Kamis (10/6/2021).

Selain kepala daerah, Firli juga membeberkan beberapa profesi yang juga tersandung kasus korupsi. Di antaranya dari swasta 329 orang, anggota DPR/DPRD 280 orang serta PNS Eselon I/II/III 235 orang.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2