Gelar Operasi, Imigrasi Tahuna Temukan WNA Tak Punya Dokumen Keimigrasian

Cahya Sumirat ยท Sabtu, 10 Oktober 2020 - 12:11:00 WITA
Gelar Operasi, Imigrasi Tahuna Temukan WNA Tak Punya Dokumen Keimigrasian
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Cahya Sumirat/iNews)

TAHUNA, iNews.id - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing. Operasi digelar di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna, James S. J. Sembel mengatakan, dalam operasi ini petugas memeriksa lima orang Warga Negara Asing (WNA) terkait kelengkapan keimigrasian.

"Operasi gabungan digelar untuk memastikan WNA melakukan aktivitas sesuai dengan izin tinggal yang dimilikinya," kata James, Sabtu (10/10/2020).

James menambahkan, selain melakukan wawancara kepada para WNA terhadap tujuannya datang ke Indonesia, petugas juga memeriksa satu per satu dokumen keimigrasian yang dimiliki masing-masing WNA, seperti izin tinggal dan lainnya.

"Kami harapkan untuk dapat meningkatkan kesadaran kepada setiap spenanggung jawab dari WNA tersebut, agar melakukan pelaporan secara berkala," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Wawan A. Mido mengatakan, dari kelima WNA yang dilakukan pemeriksaan, ada satu WNA yang tidak memiliki dokumen keimigrasian.

"Untuk selanjutnya, terhadap WNA yang tidak memiliki dokumen keimigrasian, akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto