Geliat Yahudi Indonesia di Sinagoge Tondano, Hidup Damai Tanpa Gesekan

Cahya Sumirat ยท Minggu, 04 Desember 2022 - 08:29:00 WITA
Geliat Yahudi Indonesia di Sinagoge Tondano, Hidup Damai Tanpa Gesekan
Rumah Ibadah Orang Yahudi (Shaar Hashamayim Synagogue). (Foto: Kemdikbud.go.id)

MINAHASA, iNews.id - Siapa sangka komunitas Yahudi di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) hingga saat ini bisa hidup damai berdampingan dengan umat lain. Mereka merasa aman dalam melakukan ibadah secara terbuka dan tidak pernah terjadi gesekan antarpemeluk agama lain.

Keturunan Yahudi Belanda di Sulut yang disebutkan dalam berbagai sumber, tetap leluasa mempraktekkan ajaran agama secara terbuka sejak sebelum kemerdekaan 1945. Meski pada akhirnya setelah itu banyak di antara mereka yang berpindah agama menjadi Kristen atau Islam hanya untuk keamanan.

Alasannya saat itu lantaran Yudaisme belum diakui sebagai agama resmi, hingga kemudian banyak warga Yahudi yang mencatatkan dirinya sebagai Kristen Protestan.

Kemudian seiring waktu komunitas Yahudi di Kota Manado bisa mendirikan tempat ibadah seperti Sinagoge Shaar Hashamayim di Tondano, Kabupaten Minahasq, sekira 35 kilometer dari Manado. Sinagoge ini merupakan tempat ibadah orang Yahudi, seperti layaknya gereja, masjid, vihara, pura, kuil dan lain sebagainya.

Editor : Cahya Sumirat

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: