Gubernur Olly: Sulut Dapat Rp1 Triliun dari Kemenkeu untuk Dorong Ekonomi Daerah

Antara ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 13:06 WIB
Gubernur Olly: Sulut Dapat Rp1 Triliun dari Kemenkeu untuk Dorong Ekonomi Daerah
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id - Gubernur Olly Dondokambey menyebutkan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan anggaran sebesar Rp1 triliun untuk membantu menggerakkan perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara. Dana ini ditempatkan di Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan akan disalurkan kreditnya ke sektor-sektor produktif.

"Anggaran ini akan ditempatkan di Bank Sulutgo (Sulut-Gorontalo) untuk mendukung kegiatan perekonomian, termasuk di bidang pertanian," ujar Olly Dondokambey di Kota Tomohon, Senin (27/7/2020)

Olly menegaskan, anggaran dari Kemenkeu untuk Sulut ini hanya diperuntukkan bagi Bank SulutGo, tidak untuk semua bank di daerah.

"Di daerah lain, anggaran seperti ini juga diberikan kepada Bank DKI, Bank Jabar dan Bank Jatim," katanya.

Soal penempatan anggaran di Bank Sulutgo, Olly yakin Kementerian percaya dana tersebut akan dikelola baik dan tidak sekadar hanya dititipkan.

"Menkeu juga percaya karena pertumbuhan ekonomi Sulut saat pandemi Covid-19 sebesar 4,2 persen. Sementara di daerah lain minus. Ini karena strategi kita tepat," katanya.

Olly mengungkapkan, kekuatan ekonomi Sulut ada pada petani.

"Terbesar pertumbuhan ekonomi datang dari pertanian yang menyumbang 30 persen dari tanaman keras dan 35 persen dari tanaman hortikultura," ucapnya.

Gubernur optimistis, apabila perekonomian Sulut tumbuh, masyarakat tidak akan kehilangan pekerjaan. Ditambah lagi dengan bantuan dari Bank Sulutgo sebesar Rp1 triliun dengan bunga murah untuk kredit-kredit produktif.

"Nanti skemanya kami akan atur agar masyarakat maupun pelaku usaha mendapat pinjaman dengan bunga yang sangat murah untuk modal usaha," katanya.


Editor : Donald Karouw