Indonesia Punya Sejumlah Kandidat Vaksin Covid-19, Ada yang Sudah Uji Klinis Tahap III

Dita Angga ยท Selasa, 18 Agustus 2020 - 20:30:00 WITA
Indonesia Punya Sejumlah Kandidat Vaksin Covid-19, Ada yang Sudah Uji Klinis Tahap III
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia saat ini punya beberapa kandidat vaksin Covid-19. Vaksin tersebut baik yang dikembangkan sendiri maupun hasil kerja sama dengan negara lain.

Salah satu kandidat vaksin Covid-19 yang dikembangkan Indonesia, yakni vaksin merah putih. Vaksin ini diteliti dengan kerja sama antara Lembaga Eijkman dan Bio Farma.

"Kita berharap dengan pengembangan ini, maka Indonesia akan memiliki vaksin sendiri," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers, Selasa (18/8/2020).

Selain mengembangkan secara mandiri, Indonesia juga melakukan kerja sama dengan beberapa negara. Salah satunya kerja sama antara Bio Farma dan perusahaan asal Cina Sinovac.

"Ini yang sekarang sedang dilakukan uji klinis tahap III," ujarnya.

Kemudian, ada juga pengembangan vaksin kerja sama antara Kalbe Farma dan Genexine. Genexine merupakan perusahaan bioteknologi yang asalnya dari Korea Selatan.

"Genexine ini mengembangkan vaksin GX-19 dan akan melaksanakan uji klinis fase II di akhir tahun ini," ujarnya.

Tidak hanya itu, saat ini Kimia Farma tengah melakukan penjajakan dengan Group 42 (G42), yakni perusahaan teknologi dari UEA dan Sinopharm. Kerja sama itu untuk melakukan pengadaan kandidat vaksin yang sudah uji klinis I dan II.

Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah Indonesia terbuka dan proaktif untuk melakukan kerja sama dengan berbagai negara dan perusahaan. Termasuk AstraZeneca dari Inggris.

"Tujuan pemerintah sangat jelas. Kita ingin dengan cepat dan menyeluruh menghadirkan perlindungan bagi masyarakat Indonesia,” katanya.

Editor : Maria Christina