Iran Ancam Serang Kota-Kota Israel, Drone Arash-2 Disiapkan

Ahmad Islamy Jamil · Selasa, 13 September 2022 - 12:05:00 WITA
Iran Ancam Serang Kota-Kota Israel, Drone Arash-2 Disiapkan
Sejumlah drone Iran yang dipajang di suatu lokasi yang tidak diketahui dan dirilis beberapa bulan lalu. (Foto: Reuters)

TEHERAN, iNews.id – Ancaman Iran akan menyerang kota-kota di Israel benar-benar telah dipersiapkan dengan matang. Bahkan negara tersebut telah membuat sebuah pesawat tak berawak alias drone yang diberi nama Arash-2 yang dirancang untuk itu.

“Kami telah merancang drone ini secara khusus untuk (menargetkan kota) Haifa dan Tel Aviv. Ini adalah drone unik yang dikembangkan untuk tugas ini,” ungkap media milik pemerintah Iran dengan mengutip komandan Angkatan Darat Iran, Kiyoumars Heydari, kemarin.

“Kami akan mengungkapkan kemampuan drone ini dalam latihan yang akan datang,” katanya, seperti dikutip kembali Reuters.

Permusuhan antara Iran dan Israel semakin sengit dalam beberapa waktu belakangan. Para komandan militer Iran pun telah berulang kali mengancam akan menyerang Kota Tel Aviv dan Haifa.

Upaya untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan para kekuatan dunia (AS, Inggris, Prancis, China Rusia, dan Jerman plus Uni Eropa) belum berhasil sejak negosiasi dimulai di Wina pada April 2021. Israel sendiri menentang negosiasi itu.

Kesepakatan tersebut ditandatangani 2015, dan secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan, yang menawarkan keringanan sanksi kepada Iran sebagai imbalan atas pembatasan program nuklirnya. Israel menilai kesepakatan itu terlalu memberikan anging untuk Teheran dan menentang upaya AS dan Uni Eropa untuk memulihkannya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: