Jalan Tanah Berlumpur, Ojek Motor Jadi Kendaraan Utama Menuju Dusun Tumba Gorontalo

Antara · Minggu, 19 Juni 2022 - 16:56:00 WITA
Jalan Tanah Berlumpur, Ojek Motor Jadi Kendaraan Utama Menuju Dusun Tumba Gorontalo
Sejumlah tukang ojek melintasi jalan tanah membawa penumpang di Dusun Tumba, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Ojek motor menjadi kendaraan utama yang mengangkut penumpang dan barang dari Desa Tamaila Utara, menuju wilayah terpencil Dusun Tumba di Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Kondisi jalan daerah tersebut sungguh memprihatinkan.

Hal tersebut dikarenakan, kondisi jalan menuju dusun yang dihuni oleh 128 Kepala Keluarga (KK) itu belum diaspal, dan hanya jalan tanah yang berlumpur yang berada di perbukitan dan dikelilingi perkebunan dan hutan.

Salah seorang tukang ojek, Haris Ajoloni di Dusun Tumba mengatakan hanya kendaraan roda dua atau motor yang dapat melintasi jalanan kecil, tanjakan hingga sungai yang belum dibangun jembatan menuju dusun itu.

"Ongkos naik ojek motor bervariasi, mulai dari Rp50.000 hingga Rp150.000 tergantung barang bawaan," ujar Haris, Sabtu (18/6/2022).

Haris yang telah menjadi tukang ojek selama tujuh tahun di daerah itu mengaku, untuk menuju Dusun Tumba, harus menyeberangi tiga sungai yang belum dibangun jembatan.

Selain mengangkut orang, tukang ojek di daerah itu juga menjadi pengangkut hasil perkebunan yang ditanam oleh warga, seperti jagung.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: