Jangan Bingung, Ini Perbedaan Demam Kena Covid-19 dengan Demam Biasa

Sukardi · Senin, 08 Agustus 2022 - 08:51:00 WITA
Jangan Bingung, Ini Perbedaan Demam Kena Covid-19 dengan Demam Biasa
Ilustrasi demam. (Foto: istimewa)

Di sisi lain, Anda mungkin bertanya, sebetulnya demam perlu tidak diobati? Harus diingat demam juga punya peran melawan infeksi dalam tubuh. Menjawab hal tersebut, Prof Beri menerangkan bahwa ada kondisi tertentu yang mengharuskan demam segera diobati.

"Kalau demamnya baru saja muncul, boleh saja enggak minum obat. Tapi, kalau sudah beberapa jam dan masih panas atau panasnya langsung tinggi 39-40 derajat celcius, ya, perlu minum obat," kata Prof Beri.

Lantas apa obat yang pas untuk mengatasi demam itu?

Menurut Prof Beri, obat demam yang efektif itu ada dua, aspirin dan acetaminophen atau paracetamol. Kedua obat tersebut dinilainya aman dan efektif. Namun, menjadi catatan bahwa minum obat panas tetap harus dengan petunjuk dokter. Jika mengonsumsi obat yang dijual bebas, saran Prof Beri adalah baca petunjuk pemakaian yang ada di kemasan.

"Jika minum obat panas yang dijual bebas, maka ikuti saja petunjuk yang ada di kemasan. Misal 2x1 atau 4x1, ya, diminum sesuai aturan itu. Kalau sudah tidak panas, ya, hentikan. Jangan sampai overdosis," ujarnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: