Jelang Lebaran, Disperindag Sulut Adakan Pasar Murah di 15 Kabupaten Kota

Antara ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 18:30 WIB
Jelang Lebaran, Disperindag Sulut Adakan Pasar Murah di 15 Kabupaten Kota
Kegiatan pasar muras Disperindag Sulut di Kampung Jawa, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Menjelang Lebaran, Pemprov Sulut melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggadakan pasar murah di 15 kabupaten kota untuk meringankan beban masyarakat. Sasarannya yakni bagi warga yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri, namun juga terbuka untuk umum.

"Pemerintah melakukan Pasar Murah Lebaran 2020 dengan harga yang jauh lebih rendah dari pasar tradisional maupun swalayan," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut Ronny Erungan di Manado, Kamis (21/5/2020).

Dia menjelaskan, pasar murah ini sudah dilakukan sejak pertengahan Mei 2020. Lokasinya pada titik-titik mayoritas umat Muslim, seperti di Kota Manado, Kabupaten Bolaang Mongondow dan sebagian Kabupaten Minahasa.

"Setelah umat Muslim yang merayakan Lebaran belanja di pasar murah, kami juga buka untuk masyarakat umum," katanya.

Ronny memastikan, harga yang ditawarkan jauh lebih murah karena sesuai tujuannya unutk membantu ekonomi keluarga kurang mampu dan berpenghasilan rendah dalam menyambut Lebaran.

"Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik," ucapnya.

Sejumlah bahan pokok yang disediakan dalam pasar murah ini yakni beras, gula pasir, tepung terigu, telur ayam, minyak goreng dan mentega.

Dalam setahun, Disperindag Sulut menggelar pasar murah beberapa kali untuk stabilisasi harga pangan, terutama menjelang Ramadhan, Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.


Editor : Donald Karouw