Kabar Baik, Laboratorium Covid-19 di Sulut Beroperasi Jumat 1 Mei Mendatang

Antara ยท Rabu, 29 April 2020 - 13:14 WITA
Kabar Baik, Laboratorium Covid-19 di Sulut Beroperasi Jumat 1 Mei Mendatang
Juru Bicara Percepatan Penanganan Coviud-19 Sulut Steaven Dandel. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Kabar baik bagi warga Sulawesi Utara, Laboratorium Covid-19 dipastikan akan mulai beroperasi Jumat (1/5/2020) mendatang. Hal ini sudah terkonfirmasi dari koordinator Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pencegahan Penyakit (BTKLPP) Mapanget yang menyebut semua alat sudah ter-setting di dalam ruangan.

"Walaupun hari libur, tetapi kami akan mulai melaksanakan pemeriksaan real time PCR Covid-19," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Sulut Steaven Dandel, Selasa (28/4/2020).

Menurutnya, laboratorium tersebut akan mulai running test pada Rabu (29/4/2020). Selanjutnya dilaksanakan dummy sample pada Kamis (30/4/2020). Setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan sesungguhnya spesimen swab untuk PCR Covid-19 pada Jumat (1/5/2020).

Dia menjelaskan, nantinya ada dua lokasi yang ditetapkan sebagai laboratorium pemeriksaan Covid-19. Selain laboratorium BTKLPP Mapanget, satunya lagi yakni di RSUP Prof RD Kandou.

"Kami juga nanti akan memberitahukan kabar terbaru terkait kapan beroperasinya laboratorium Covid-19 yang ada di RSUP Kandou," katanya.

Dia menyebutkan, khusus laboratorium di RSUP RD Kandou masih menunggu reagen atau pereaksi kimia yang sedang dalam pengiriman. Sementara secara fisik, peralatannya serta unit laboratorium sudah siap dan tinggal di-setting.

"Mohon doa restu dari seluruh masyarakat Sulut agar laboratorium PCR ini bisa beroperasi sehingga kita tidak lagi mengirim sampel untuk diperiksa di luar provinsi dan bisa cepat mendapat hasil," ujarnya.


Editor : Donald Karouw