Kebakaran Rumah Dinas Baristand Industri Manado, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Antara, Arther Loupatty · Kamis, 06 Agustus 2020 - 18:48 WITA
Kebakaran Rumah Dinas Baristand Industri Manado, Kerugian Ratusan Juta Rupiah
Rumah dinas Baristand Industri Manado di Tanjung Batu yang terbakar Kamis siang. (foto: iNews/Arther Loupatty)

MANADO, iNews.id - Kebakaran menghanguskan rumah dinas Balai Riset dan Standarisasi (Baristand) Industri Manado Kementerian Perindustrian di Kelurahan Tanjung Batu Lingkungan V, Kecamatan Wanea Manado, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (6/8/2020) siang. Kobaran api melalap habis seisi bangunan.

Lurah Tanjung Batu Valentino Kadatu mengatakan, api pertama kali terlihat pada pukul 13.45 Wita. Api dengan cepat membesar di rumah dinas yang ditempati Broerie Pojoh dan anaknya Rahel Pojoh (27).

"Api dipadamkan dengan mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran," katanya.

Kapolsek Wanea AKP Bartolomeus Dambe mengatakan, dari keterangan saksi diduga penyebab kebakaran akibat korsleting listrik. 

"Dugaan sementara penyebabnya karena korsleting listrik," katanya

Menurutnya tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

"Rumah ini awalnya ditempati, namun beberapa hari belakangan tidak ditempati karena penghuninya berpindah ke Batu Kota," ucapnya.

​​​​​​​David Siswanto (53) saksi mata di lokasi mengaku awalnya melihat kepulan asap hitam saat sedang bekerja di bengkel yang lokasinya di depan rumah tersebut. 

"Saat itu saya melihat asap semakin membesar di atas rumah yang terbakar tersebut. Melihat kondisi itu saya langsung mendatangi Kantor Pajak di depan rumah itu untuk menelpon ke pemadam kebakaran," katanya.

Akibat kejadian ini, kerugian materiel ditaksir Rp275 juta. Terdiri atas bangunan rumah Rp175 juta dan barang-barang berharga Rp100 juta.


Editor : Donald Karouw