Kembangkan SDM, Gorontalo Utara Gelontorkan Beasiswa Rp1 Miliar

Antara · Jumat, 08 April 2022 - 17:01:00 WITA
Kembangkan SDM, Gorontalo Utara Gelontorkan Beasiswa Rp1 Miliar
Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan Abudi Usman dalam keterangan di ruang kerjanya terkait pelaksanaan program beasiswa pengembangan SDM. (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Gorontalo Utara terus digenjot. Tahun Anggaran 2022 mencapai Rp1 miliar untuk program beasiswa.

"Namun untuk pelaksanaan program tersebut masih dihadapkan pada belum terbitnya peraturan daerah (perda) tentang penyelenggaraan pendidikan yang wajib ada sebagai pijakan regulasi pelaksanaan program pengembangan SDM untuk jenjang pendidikan perguruan tinggi," kata Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan Abudi Usman, Kamis (7/4/2022).

Mengingat dalam kewenangan penyelenggaraan pendidikan sejak tahun 2017, pada jenjang SMA, SMK dan madrasah serta perguruan tinggi merupakan wilayah pemerintah provinsi.

Sementara untuk kabupaten dan kota, hanya dibatasi untuk penyelenggaraan pendidikan TK/PAUD, SD dan SMP.

Maka untuk menjembatani pelaksanaan program tersebut mengingat konsep dasar utamanya adalah pengembangan SDM, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan harus memiliki regulasi minimal Peraturan Bupati (Perbup) yang juga perlu ada payung hukum di atasnya, yaitu Perda.

Namun Perda Penyelenggaraan Pendidikan yang telah ada sebelumnya, tidak memiliki klausul yang membolehkan pelaksanaan implementasi program beasiswa tersebut.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: