Kementerian ESDM Pastikan Tidak Ada Rencana Hapus Daya Listrik 450 VA

Mochamad Rizky Fauzan · Rabu, 14 September 2022 - 17:20:00 WITA
Kementerian ESDM Pastikan Tidak Ada Rencana Hapus Daya Listrik 450 VA
Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan tidak ada rencana menghapus daya listrik 450 Volt Amphere (VA). Usulan menaikkan daya menjadi 900 VA bagi kelompok rumah tangga miskin belum ada pembahasan lanjutan.

"Hari ini kita mengeluarkan rilis, bahwa tidak ada penghapusan daya listrik 450 VA, itu tidak ada," kata Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana saat ditemui di acara 'The 8th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition 2022 di JCC, Rabu (14/9/2022).

Menurut dia, memang dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR ada usulan agar daya listrik 450 volt ampera (VA) dihapus untuk kelompok rumah tangga miskin. Sebagai gantinya, kelompok rumah tangga miskin akan dialihkan secara bertahap menggunakan daya listrik 900 VA. 

Meski demikian, hal itu hanya bersifat usulan dan tidak ada pembahasan lebih lanjut atapun konfirmasi mengenai wacana penghapusan daya listrik 450 VA.

Kenapa saya bilang itu bukan sebuah keputusan, karena di dalam ketetapan hasil Banggar, subsidinya kan sesuai dengan yang ada sekarang. Jadi tidak ada perubahan. 450 va yang di hitungan pemerintah tetap masuk, tidak ada penyesuaian 450 VA naik ke 900 VA. Enggak ada," tutur Dadan.

Dia juga membantah bahwa Kementerian ESDM tidak berkoordinasi dengan Banggar mengenai wacana penghapusan daya listrik 450 VA. 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: