Kenali Gejala Anak Terkena Polio, Waspada saat Demam dan Rewel

kevi laras · Minggu, 27 November 2022 - 22:30:00 WITA
Kenali Gejala Anak Terkena Polio, Waspada saat Demam dan Rewel
Ilustrasi anak derma yang menjadi salah satu gejala polio. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Oang tua diminta waspada serta mengenali jika anak-anak mengalami gejala demam atau mulai rewel. Hal ini penting mengingat ada lebih dari 3 kasus ditemukan di Aceh.

Penyakit polio memang tidak memiliki gejala secara spesifik, namun bisa berakibat fatal pada anak-anak. Ditambah lagi pemahaman masyarakat, khususnya orang tua terkait penyakit ini masih minim.

Dokter anak Dr Johanes Eddy Siswanto, dari Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Nasional RSAB Harapan Kita mengungkap ada gejala yang umumnya muncul pada pasien positif polio.

Gejala yang terbilang ringan, tapi bila dialami kurang lebih dua hari dan tidak dibawa ke Rumah Sakit fatal akibatnya. Anak tersebut bisa mengalami kelumpuhan.

Berikut ini gejala penyakit polio yang patut diwaspadai:

Demam
Rewel
Nyeri di bagian tungkai
Kaku dileher dan bagian tubuh lainnya
Diare
Muntah

"Kalau ada demam berkelanjutan, anak sudah lemas, diare, muntah-muntah, 2 hari tidak ada perbaikan seharusnya segera di rumah sakit. Jika dideteksi lebih awal bisa dicegah. Kalau dibiarkan saja bisa mengalami kelumpuhan," kata dr Johanes Eddy Siswanto dalam Siaran Sehat di Radio Kesehatan, dikutip Minggu (27/11/2022).

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: