Kepala BKN Sebut Negara Maju Miliki Birokrasi Modern dan Efektif

Antara · Kamis, 09 Desember 2021 - 14:00:00 WITA
Kepala BKN Sebut Negara Maju Miliki Birokrasi Modern dan Efektif
Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana (kedua kiri) berfoto bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) dan Wakil Walikota Gorontalo Ryan Kono pada Forum Komunikasi Kepegawaian se Provinsi Gorontalo di GPCC, Kota Gorontalo. (Foto: Antara/Diskominfo

GORONTALO, iNews.id - Negara maju dan sejahtera memiliki birokrasi yang modern dan efektif. Karena itu reformasi birokrasi mendesak dilakukan.

"Masalah reformasi birokrasi saat ini menjadi isu yang sentral dan dari lima target RPJMN 2019-2024, tiga setengahnya merupakan masalah reformasi birokrasi," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana saat menjadi pembicara utama pada Forum Komunikasi Kepegawaian se Provinsi Gorontalo yang berlangsung di GPCC, Kota Gorontalo, Rabu (8/12/2021).

Lima target dimaksud yakni pengembangan SDM, infrastruktur, penyederhanaan regulasi, reformasi birokrasi dan transformasi ekonomi. Namun menurutnya, dari lima target, yang reformasi birokrasi itu ada tiga setengah karena menyederhanakan regulasi itu bagian dari reformasi birokrasi. 

"Melakukan transformasi ekonomi itu melalui transformasi institusi ekonomi. Setengahnya lagi dari pengembangan SDM karena sebagian dari SDM itu adalah pengembangan SDM pemerintahan atau birokrasi," ucapnya. 

Bima menyampaikan sejumlah fakta dan data. Rangking efektivitas pemerintahan Indonesia di ASEAN berada di peringkat empat setelah Singapura, Malayasia dan Thailand.

"Indeks kompetitif kita di ASEAN berada di peringkat empat, di dunia berada di peringkat 50. Kita berada di peringkat 50 karena tertolong dengan sumber daya alam. Jika tidak mungkin kita terpuruk lagi," bebernya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: