Ketum Oase-KIM Ajak Generasi Muda Sulut Lindungi Diri dari Narkoba

Antara · Jumat, 05 Agustus 2022 - 20:09:00 WITA
Ketum Oase-KIM Ajak Generasi Muda Sulut Lindungi Diri dari Narkoba
Ketum Oase-KIM Tri Tito Karnavian didamping Kepala BNN Provinsi Sulut Brigjen Pol VJ Lasut saat mengunjungi stan BNN Sulut, usai sosialisasi antinarkoba dan literasi digital, di Manado. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Ketua Umum (Ketum) Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (Oase-KIM) Tri Tito Karnavian mengajak generasi muda di Sulawesi Utara (Sulut) melindungi diri untuk terhindar dari narkoba. Apalagi narkoba sudah merambah ke segala lapisan masyarakat.

"Jadi generasi muda  harus betul- betul sadar dan melindungi diri agar terhindar dari narkoba," kata  Tri Tirto Karnavian pada sosialisasi antinarkoba dan literasi digital di Manado, Kamis (4/8/2022).

Dia mengatakan narkoba sudah merambah  ke segala lapisan masyarakat, bukan  lagi  sebatas di tempat-tempat hiburan malam di wilayah perkotaan,  tetapi juga sudah merambah di daerah-daerah pemukiman, kampus, sekolah  dan ke wilayah pedesaan.

Masyarakat usia produktif terutama mahasiswa dan anak sekolah menjadi sasaran yang  sering dicari oleh pengedar narkoba, dikarenakan mereka sangat rentan dan mudah  diajak pakai narkoba.

'Kepada anak-anak semua ingat kalian harus mengetahui, kalian adalah sasaran utama  dari penyalahgunaan narkoba, dari para orang-orang yang tidak bertanggung jawab mencari tempat penghidupan dari hal negatif ini," katanya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) yang selain melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba juga melakukan banyak kegiatan pencegahan dan penindakan.

"Mari bersama-sama kita mendukung BNN bersama juga dengan Kepolisian dan berbagai elemen masyarakat bekerja sama dalam mencegah narkoba," katanya.

Pada kesempatan itu, dia juga mengingatkan pentingnya peran ibu-ibu dalam mencegah penyalahgunaan narkoba.

Ibu-ibu merupakan pertahanan pertama  dalam keluarga untuk meningkatkan ketahanan keluarga.

'Peran ibu-ibu penting dalam melindungi anak-anak agar bisa terhindar dari penyalahgunaan narkoba" katanya.

Direktur Advokasi BNN Brigjen Pol Jafriedi mengatakan BNN RI dalam melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba tidak bisa bekerja sendirian.

"Tetapi diperlukan sinergitas, kolaborasi  secara sustainable dengan  kementerian lembaga , pemerintah daerah, swasta dan lainnya," ujarnya.

Kegiatan yang digelar di ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut tersebut merupakan kerja sama Oase-KIM dengan BNN, Kementerian Komunikasi dan Informasi serta Pemerintah Provinsi Sulut, dihadiri antara lain unsur Forkopimda, Dharma Wanita, dan pelajar SMA, SMP di Manado.

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel: