Komisi II DPR RI Menilai Bone Pesisir Layak Dimekarkan

syarif wibowo · Sabtu, 11 Desember 2021 - 10:06:00 WITA
Komisi II DPR RI Menilai Bone Pesisir Layak Dimekarkan
Anggota Komisi II DPR RI Hugua saat melakukan peninjauan calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Bone Pesisir di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo di Desa Tolotio, Kecamatan Bonepantai, Jumat (10/12/2021).

BONE BOLANGO, iNews.id- Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) menilai calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Bone Pesisir layak dimekarkan karena memiliki potensi alam yang luar biasa. Hal ini disampaikan anggota Komisi II DPR RI Hugua saat melakukan kunjungan peninjauan calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Bone Pesisir di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, yang di pusatkan di Sekretariat Komite Persiapan Pembentukan Bone Pesisir, di Desa Tolotio, Kecamatan Bonepantai, Jumat (10/12/2021).

Hugua mengungkapkan, pihaknya mendukung calon DOB Bone Pesisir ini bisa diperjuangkan untuk menjadi kabupaten mandiri.

”Kalau saya melihat potensinya Bone Pesisir luar biasa. Bahkan persiapan kotanya sudah oke. Pokoknya keren deh,”ungkapnya.

Namun demikian, di hadapan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Wakil Bupati Merlan S. Uloli, Ketua Komite Persiapan Pembentukan Kabupen Bone Pesisir Ridwan Tohopi, dan unsur Forkopimda Bone Bolango, serta masyarakat Bone Pesisir, Hugua menjelaskan bahwa pemekaran daerah saat ini masih moratorium dari pemerintah pusat. Masih ada dua Rencana Peraturan Pemerintah (RPP) yang harus dirampungkan yakni RPP tentang otonomi daerah dan RPP Penataan Provinsi dan Kabupaten/Kota.

”Meski masih moratorium upaya politik dan semangat masyarakat sangat luar biasa. Kami tangkap itu semua dan menjadi komitmen kami memperjuangkannya,”jelas Hugua.

Hugua menyebutkan, saat ini usulan untuk pemekaran daerah ke pemerintah pusat sebanyak 455 calon DOB provinsi dan kabupaten/kota. Dimana 320 usulan masuk ke Kemendagri dan 135 masuk melalui DPR RI. Sementara itu, anggota Komisi II DPR RI yang berkunjung melakukan peninjauan calon DOB Bone Pesisir, di antaranya Hugua dari PDIP, Irwan Ardi Hasman dari Gerinda dan Paulus Ubruangge dari PAN, serta dari Kemendagri diwakili Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya, Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum La Ode Ahmad. (Tim IKP/Humas/Kominfo).

Editor : Syarif Wibowo

Bagikan Artikel: