Lantamal VIII Gagas Aksi Bersih-Bersih Sungai di Manado, 400 Orang Ikut Terlibat

Cahya Sumirat ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 18:04 WITA
Lantamal VIII Gagas Aksi Bersih-Bersih Sungai di Manado, 400 Orang Ikut Terlibat
Rombongan Lantamal VIII Manado saat bersihkan sungai sekaligus kampanye kebersihan menjaga lingkungan. (Foto: SINDOnews/Cahya Sumirat)

MANADO, iNews.id - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII menggagas kegiatan aksi bersih-bersih sungai untuk meminimalisasi dampak banjir akibat curah hujan tinggi pada Jumat (16/10/2020) pagi. Kegiatan ini melibatkan 400-an petugas gabungan dengan menyisir daerah aliran sungai (DAS) Tuminting dan Bailang.

Aksi bersih sungai ini dipimpin langsung Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas. Dia mengatakan, tujuan kegiatan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai sebagai sumber kehidupan yang harus dijaga dan dilestarikan.

"Kegiatan ini sesuai tema yaitu Bersih Sungainya, Lestari Alamnya, Sehat Lingkungannya' merupakan upaya memotivasi serta menumbuhkan kembali kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan khususnya kebersihan sungai," ujar Danlantamal.

Dalam aksi ini, Lantamal VIII Manado melibatkan 300 personel terdiri atas militer dan PNS, kemudian anggota Balai Wilayah Sungai I Sulut 50 orang dan masyarakat sekitar 50 orang. Total ada 400 orang yang turut serta dalam pembersihan empat titik sungai di sepanjang bantaran DAS tersebut.

Hadir pada kegiatan tersebut di antaranya Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Endra Sulistiyono, para Asisten Danlantamal VIII, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja Lantamal VIII dan Kepala Balai Wilayah Sungai I Sulut Bastari. Cahya Sumirat


Editor : Donald Karouw