Masyarakat Pemilih di Sangihe Diajak Ikut Awasi Tahapan Pilkada Serentak

Antara ยท Senin, 14 September 2020 - 16:18 WITA
Masyarakat Pemilih di Sangihe Diajak Ikut Awasi Tahapan Pilkada Serentak
Ketua Bawaslu Sangihe Sebedeus Lesawengen. (Foto: Antara)

SANGIHE, iNews.id - Masyarakat pemilih di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), diajak untuk ikut mengambil bagian dalam pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) siap menerima laporan dari warga.

"Semua elemen masyarakat wajib pilih di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk ikut dan ambil bagian dalam proses pengawasan Pilkada Serentak 2020 ini," kata Ketua Bawaslu Sangihe, Sebedeus Lesawengen di Tahuna, Senin (14/9/2020).

Sebedeus mengatakan, salah satu upaya dari Bawaslu untuk melibatkan peran masyarakat dengan menggandeng tokoh masyarakat dan tokoh agama serta unsur generasi muda. Keterlibatan berbagai elemen masyarakat wajib pilih dalam mengawal tahapan pelaksanaan pilkada sangat penting untuk menciptakan pemilihan umum yang berkualitas.

Dia mengatakan, tidak semua warga masyarakat yang diberikan kewenangan oleh undang-undang untuk memberikan laporan ke Bawaslu terhadap dugaan pelanggaran pilkada. Laporan hanya bisa disampaikan oleh masyarakat yang telah terdaftar di KPU sebagai pemilih.

"Masyarakat yang terlibat dalam pengawasan partisipatif ini, akan menyampaikan informasi kepada masyarakat umum tentang pencegahan pelanggaran dalam pemilihan," katanya.

Sebedeus juga mengingatkan kepada aparatur sipil negara (ASN) agar tidak melibatkan diri dalam politik praktis pada pilkada gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Sulut tahun ini.

"ASN hendaknya tetap netràl dalam pelaksanaan Pilgub Sulut. Sudah ada aturàn yang melarang bagi ASN berpolitik praktis dengan sanksi yang juga sudah jelas," katanya.


Editor : Maria Christina