Ekonomi Bakal Resesi karena Covid-19, Menko Airlangga: You are Not Alone, 215 Negara Juga

Rina Anggraeni ยท Senin, 14 September 2020 - 12:23 WITA
Ekonomi Bakal Resesi karena Covid-19, Menko Airlangga: You are Not Alone, 215 Negara Juga
Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ekonomi Indonesia bakal resesi karena pandemi Covid-19 diprediksi mendorong pertumbuhan ekonomi kembali ke teritori negatif. Namun, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan kondisi serupa juga dialami 215 negara lainnya.

Airlangga mengatakan, selain Indonesia, 215 negara juga mengalami kontraksi ekonomi yang cukup berat dengan berujung resesi.

"Kuartal III minus 3 persen sampai minus 1 persen. Trennya seperti V shape. Kalau pun resesi atau tidak itu bahasanya you are not alone, 215 negara mengalami resesi, Tapi yang kita lihat apakah negara itu sudah ketemu bottom-nya," kata Airlangga secara virtual, Senin (14/8/2020).

Airlangga menyebut, prediksi ekonomi kuartal II minus 3 hingga minus 1 persen lebih baik daripada kuartal II yang sebelumnya minus 5,32 persen. Situasi tersebut membuatnya percaya diri pemulihan bakal berlangsung cepat.

"Dengan tren sampai minus 1 berarti tren positif kita sudah cukup tinggi," kata mantan menteri perindustrian itu.

Soal resesi, menurut Airlangga, sudah diprediksi oleh banyak lembaga internasional. Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksi Indonesia akan minus 0,3 persen. Bank Dunia memperkirakan ekonomi RI tak akan tumbuh tahun ini.

"Karena itu disebut hanya ada tiga negara yang mampu keluar dari situasi ini yaitu China dan akan diikuti Indonesia. Semula India menyusul, tapi ternyata kasus corona-nya dalam sekali," kata Airlangga.


Editor : Maria Christina