Melinda Jadi Perempuan Terkaya Kedua di Dunia usai Cerai dari Bill Gates

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 11:19:00 WITA
Melinda Jadi Perempuan Terkaya Kedua di Dunia usai Cerai dari Bill Gates
Melinda French Gates. (Foto: Reuters)

SEATTLE, iNews.id - Rencana perceraian Bill Gates dan istrinya, Melinda menyedot perhatian banyak orang. Apalagi perpisahan pasangan tajir tersebut bakal membuat Melinda menjadi perempuan terkaya kedua di dunia.

Dikutip dari The Guardian, Rabu (5/5/2021), Melinda berpotensi memperoleh separuh dari harta Bill Gates. Kekayaan Melinda bisa mencapai 73 miliar dolar AS, lebih dari Rp1.000 triliun.

Dalam gugatan cerai yang disampaikan ke Pengadilan Seattle, Melinda mengatakan, pernikahannya dengan Bill Gates sudah hancur. Dia pun meminta pengadilan untuk membagi harta kekayaan Gates yang mencapai 146 miliar dolar AS.

Pembagian harta gono-gini 50:50 berpeluang terjadi karena Bill dan Melinda tak meneken perjanjian pranikah, sehingga tak ada kesepakatan apa pun soal pembagian harta saat berpisah. Berdasarkan hukum Negara Bagian Washington, pasangan yang bercerai harus membagi hartanya sama besar.

Jika terjadi, maka Melinda akan berada di posisi kedua sebagai perempuan terkaya di dunia. Peringkat pertama diduduki oleh Francoise Bettencourt Meyers, pewaris kerajaan bisnis L'Oreal dengan kekayaan 83 miliar dolar AS.

Perceraian Bill dan Melinda juga memicu tanda tanya soal masa depan yayasan yang dibangun keduanya. Bill & Melinda Gates Foundation dengan 1.600 orang pekerja itu memiliki berbagai proyek senilai 50 miliar dolar AS yang tersebar di 135 negara. Aset yayasan diperkirakan mencapai 43 miliar dolar AS.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2