Mengenal Batu Niopo, Situs Budaya Suku Bantik di Manado yang Dinilai Keramat

Subhan Sabu · Senin, 24 Mei 2021 - 18:05:00 WITA
Mengenal Batu Niopo, Situs Budaya Suku Bantik di Manado yang Dinilai Keramat
Batu Niopo yang merupakan situs keramat suku Bantik di Manado. (Foto: MPI/Subhan Sabu)

MANADO, iNews.id - Batu Niopo merupakan situs budaya suku Bantik yang diyakini sebagai tempat naik turunnya Sang Pencipta. Batu ini letaknya masih di dalam kota, tepatnya di Kelurahan Malalayang I, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Tidak sembarang orang bisa masuk ke situs budaya tersebut. Pengunjung terlebih dahulu harus menemui Yohan Mongisidi, salah satu tua-tua adat Suku bantik untuk meminta ijin agar bisa masuk ke dalam situs Batu Niopo.

Rumah Yohan terletak tidak jauh dari lokasi situs hanya berjarak sekitar 20 meter. Di rumahnya yang sederhana, dia menerima tamu yang akan berkunjung untuk datang dan melihat-lihat. 

Untuk mengambil gambar Batu Niopo, terlebih dahulu wajib menuliskan nama di buku kecil yang disediakan Yohan sebagai syarat meminta izin kepada para leluhur.

Dia lalu berbicara menggunakan bahasa suku Bantik di lokasi pemakaman berukuran 5 x 15 meter yang dikelilingi pagar beton untuk meminta izin. Kalau dizinkan, baru bisa pergi dan mengambil gambar. 

"Batu Niopo merupakan tempat keramat bagi Suku Bantik karena di situ diyakini ada leluhur Jopo Lramo, Sang Pencipta, sama seperti Tuhan, penguasa jagad raya," kata Yohan kepada MNC Portal Indonesia, Senin (24/5/2021).

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2