Napi Teroris Lapas Gorontalo Lakukan Perekaman KTP Elektronik sebelum Bebas

Antara ยท Kamis, 07 April 2022 - 06:10:00 WITA
Napi Teroris Lapas Gorontalo Lakukan Perekaman KTP Elektronik sebelum Bebas
Salah seorang narapidana teroris (Napiter) MA melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di Lapas Kelas IIA Kota Gorontalo, Gorontalo. (Foto: Antara/HO-Lapas Gorontalo)

GORONTALO, iNews.id - Salah seorang narapidana teroris (Napiter) berinisial MA melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Lapas Kelas IIA Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Perekaman dilakukan atas keinginan MA.

"Amanat Undang-Undang nomor 12 tahun 1995 menyatakan bahwa sistem pemasyarakatan berfungsi menyiapkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar dapat berintegrasi secara sehat dengan masyarakat," ujar Kepala Lapas Gorontalo, Indra Mokoagow, Rabu (6/4/2022).

Sehingga WBP dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggungjawab. Begitu juga keberadaan MA, dengan keinginannya sendiri dilakukan perekaman e-KTP sebelum bebas dari masa tahanan dalam beberapa hari ke depan.

Dalam pemenuhan hak dasar bagi warga binaan dan sebagai warga negara Indonesia dimana tertuang dalam Pasal 14 ayat (1), bahwa hak narapidana salah satunya mendapatkan hak-hak lain sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

"Termasuk memfasilitasi warga binaan dalam hal perekaman KTP elektronik," ujar Kepala Seksi Binadik Lapas, Kasdin Lato.

Menurutnya, siapapun mereka jika sudah dibina selama menjadi warga binaan dan sudah ada perubahan sikap ke arah yang positif, mematuhi segala peraturan perundang undangan yang berlaku, maka mereka sebagai warga negara Indonesia yang berhak mendapat data.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: