Operasional Perdana, Laboratorium Covid-19 Sulut Periksa 48 Sampel Swab

Antara ยท Selasa, 05 Mei 2020 - 09:09 WIB
Operasional Perdana, Laboratorium Covid-19 Sulut Periksa 48 Sampel Swab
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat mengecek langsung kesiapan laboratorium real time PCR BTKLPP Mapanget. (Foto: ANTARA)

MANADO, iNews.id - Laboratorium Covid-19 di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pencegahan Penyakit (BTKL-PP) Mapanget, Manado, Sulawesi Utara (Sulut) resmi beroperasi perdana Senin (4/5/2020). Dalam pengujian ini, ada 48 sampel swab yang masuk untuk diperiksa.

"Banyak kegiatan ekstraktif kemarin yang terkendala dengan suplai listrik sehingga harus dibuat sedemikian stabil," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut Steaven Dandel di Manado, Senin (4/5/2020).

Namun dalam pemeriksaan ini, Gugus Tugas mendapat sedikit gambaran terkait proses bagaimana kemudian laboratorium ini bisa berjalan baik dan sempurna.

"Ternyata proses ekstraksi yang dilakukan memakan waktu cukup lama karena ketika dibawa masuk ke dalam laboratorium harus mengikuti dua level ekstraksi," katanya.

Sampel akan dikeluarkan dari sampling cup yang dibawa dari rumah sakit kemudian diberikan larutan reagen ekstraksi sebelum dimasukkan ke dalam mesin sentrifuge. Proses ini memakan waktu sekitar satu sampai dua jam baru. Setelah itu sampel ini bisa bisa utuh, aman dipakai untuk pemeriksaan lanjutan.

Sekali berjalan pemeriksaan sampel ini ada sebanyak 24 slot sentrifuge sehingga untuk kepentingan pemeriksaan 96 sampel harus dilakukan empat kali ekstraksi untuk kemudian diperiksa mesin real time polymerase chain reaction (RT-PCR).

"Karena itu perlu kami informasikan rata-rata pemeriksaan untuk sampel Covid-19 itu diperlukan waktu kurang lebih 12 jam," ujarnya.

Dia menambahkan, dari hasil pemeriksaan perdana ini, diharapkan sudah ada data yang keluar untuk memastikan status pasien negatif atau positif Covid-19 pada Selasa (5/5/2020) hari ini.


Editor : Donald Karouw