Pemeriksaan Ketat, Pelintas Jalani Tes Kesehatan di Pos Perbatasan Gorontalo-Sulut

Antara · Kamis, 06 Mei 2021 - 18:42:00 WITA
Pemeriksaan Ketat, Pelintas Jalani Tes Kesehatan di Pos Perbatasan Gorontalo-Sulut
Petugas kesehatan pos perbatasan Gorontalo-Sulut di Kecamatan Atinggola melakukan tes cepat anti gen kepada pengendara truk yang akan memasuki Provinsi Gorontalo. (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id – Pemeriksaan kepada para pengendara dan penumpang yang hendak masuk antarprovinsi berlangsung cukup ketat. Ini terlihat dari ratusan pelintas Sulawesi menjalani tes kesehatan di pos perbatasan Gorontalo-Sulawesi Utara (Sulut) di Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara.

Kepala Puskesmas Dambalo sekaligus Koordinator Pemeriksaan Kesehatan yang bertugas pukul 00.00 Wita hingga 08.00 Wita, di perbatasan Atinggola, Rahmatia Manasa, mengatakan sejak penyekatan perbatasan terkait peniadaan mudik, pihaknya melakukan tes cepat antigen (rapid) kepada pelintas.

Ia mengatakan selama jadwal bertugas, sebanyak 237 pengendara dan pendampingnya dari Sulut ke Gorontalo, menjalani pemeriksaan tersebut.

Rata-rata diukur suhu tubuhnya dan mengisi formulir terkait kondisi kesehatan atau jika ada penyakit yang diderita.

Namun bagi pelintas yang tidak membawa surat keterangan hasil rapid antigen maupun tes usap, wajib melakukannya di pos perbatasan.

"Sebanyak 18 orang yang di rapid antigen, hasilnya non reaktif," kata dia, Kamis (6/5/2021).

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2