Pertamina Temukan Cadangan Migas Baru di Sumatera Selatan

Athika Rahma · Selasa, 10 Mei 2022 - 16:40:00 WITA
Pertamina Temukan Cadangan Migas Baru di Sumatera Selatan
RI kembali temukan harta karun migas di Sumatera Selatan

JAKARTA, iNews.id - Cadangan minyak dan gas (migas) ditemukan Pertamina Subholding Upstream melalui PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatera Zona 4. Harta karun cadangan minyak dan gas (migas) tersebut beradanpada sumur eksplorasi Wilela (WLL)-001.

Sumur ini berlokasi di Desa Paduraksa, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Direktur Utama PHR-Regional Sumatera Jaffee Arizon Suardin mengatakan, lokasi cadangan migas tersebut sekitar 15 kilometer (km) dari Stasiun Pengumpul (SP) Merbau dan 25 km dari SP Limau. Sumur WLL-001 ditajak pada 28 Maret 2022 dan mencapai kedalaman akhir 1.358 meter Measured Depth (mMD) pada 19 April 2022.

Sumur migas ini dapat menemukan gas dan kondensat melalui Uji Kandungan Lapisan (Drill Stem Test/DST) pertama (DST#1) yang dilakukan pada reservoir batu pasir Formasi Air Benakat pada interval 880-886 meter.

“Dari hasil uji kandungan lapisan pertama diperoleh laju aliran gas sebesar 5,69 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD) dan kondensat 482,7 barel per hari (BCPD). Selanjutnya akan dilakukan uji kandungan lapisan kedua dan ketiga pada interval batu pasir lain di Formasi Air Benakat,” kata dia dalam keterangannya, dikutip Selasa (10/5/2022).

Jaffee menuturkan, temuan ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam meningkatkan cadangan dan upaya memenuhi kebutuhan gas yang semakin tinggi. Hal itu juga seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri di Sumatera Selatan, serta mendukung pencapaian target produksi migas nasional.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: