Pilkada Minahasa Utara, Survei: Elektabilitas Paslon Joune-Kevin Tertinggi

Subhan Sabu ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 22:31:00 WITA
Pilkada Minahasa Utara, Survei: Elektabilitas Paslon Joune-Kevin Tertinggi
Elektabilitas pasangan cabup-cawabup Joune-Kevin di Pilkada Minahasa Utara tertinggi sesuai hasil survei. (Foto: iNews/Subhan Sabu)

MINAHASA UTARA, iNews.id – Elektabilitas pasangan calon bupati dan wakil bupati Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara, Joune Ganda-Kevin W Lotulung (JGKWL) tertinggi berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan Charta Politika Indonesia, Kamis (22/10/2020). 

Paslon nomor urut 2 yang diusung oleh Partai Perindo, PBB, Gerindra, PDI-P, Demokrat, PKPI, PPP dan PSI  itu mengungguli jauh lawan paslon nomor urut 1 SGR-NAP dan 3 KissJo.

JGKWL meraih elektabilitas 46,0 persen, sementara di urutan kedua paslon nomor urut 3 Sompie Singa-Joppi Lengkong 24, 2 persen dan Shintia Rumumpe-Netty Pantouw nomor urut 1 berada di posisi buncit dengan perolehan 18,2 persen. Sementara terdapat 11,7 persen responden yang menyatakan tidak tahu aatu tidak jawab.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan, survei tersebut dilakukan pada 9-14 Oktober 2020 dengan melibatkan 600 responden yang diwawancara secara tatap muka melalui metode acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error diperkirakan +/-4% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut Yunarto, tingginya elektabilitas pasangan Jounne JE Ganda-Kevin W Lotulung tidak lepas dari pilihan responden terhadap kedua kandidat tersebut secara perorangan. Pada kategori calon Bupati, Joune JE Ganda dipilih oleh 46,2 persen responden sementara Sompie SF Singal dipilih oleh 24,2 persen responden dan Shintia Gelly Rumumpe dipilih oleh 17,3 persen responden. Sebanyak 12,3 persen responden menyatakan undecided voters atau belum menentukan pilihan.

"Tidak jauh berbeda pada pilihan responden dalam kategori calon Wakil Bupati, Kevin W Lotulung dipilih oleh 43,0 persen responden, diikuti Joppi Lengkong yang dipilih oleh 23,3 persen responden dan Netty Agnes Pantow dipilih oleh 17,5 persen responden," kata Yunarto.

Masyarakat di wilayah Kabupaten Minut, kata Yunarto, tergolong sudah mengenal kandidat yang berlaga, baik calon bupati dan wakil bupati. 

“Dari nama-nama kandidat yang ada, semuanya sudah memiliki tingkat pengenalan di atas 80 persen. Hanya pada nama Netty Agnes Pantow yang masih memiliki tingkat pengenalan di bawah 75%. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah mengenal nama-nama ini," ujar Yunarto.

Survei Charta Politika juga menunjukkan persentase tingkat kemantapan pilihan masyarakat yang sudah cukup tinggi. Temuan survei ini memperlihatkan warga yang menyatakan pilihannya sudah mantap sebesar 68,7 persen.

Yunarto juga menyoroti penilaian publik terhadap kandidat calon Bupati yang berlaga. Joune JE Ganda dinilai sebagai calon Bupati paling mapan secara ekonomi, paling perhatian pada rakyat dan paling pintar. Sementara Sompie SF Singal sedikit berada di atas Joune JE Ganda, dinilai sebagai calon Bupati paling religius 

"Salah satu temuan terpenting adalah sosialisasi mengenai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Minut sudah sangat merata, lebih dari 90 persen publik menyatakan mengetahui hal ini. Dan antusiasme masyarakat juga tergolong tinggi dimana sebanyak 88,0 persen responden menyatakan akan ikut datang ke TPS dan ikut mencoblos," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki