Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni Apresiasi Gerakan Sejuta Masker Polda Sulut

Cahya Sumirat ยท Selasa, 29 September 2020 - 12:23:00 WITA
Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni Apresiasi Gerakan Sejuta Masker Polda Sulut
Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Agus Fatoni saat peluncuran Gerakan Sejuta Masker kepada Masyarakat Sulut oleh Polda Sulut di Lapangan Mapolda Sulut, Selasa (29/9/2020). (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id - Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Agus Fatoni mengapresiasi dukungan Polda Sulut terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 di provinsi itu lewat Gerakan Sejuta Masker kepada masyarakat. Dia berharap masyarakat menyukseskan gerakan tersebut karena saat ini sudah banyak yang terdampak virus corona.

“Saya berterima kasih kepada Kapolda dan jajaran atas penyelenggaraan acara ini. Covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia, ke seluruh daerah, termasuk di daerah daerah di sulut. Saudara saudara kita, kerabat kita telah banyak yang terdampak,” kata Fatoni saat menghadiri kegiatan Gerakan Sejuta Masker kepada Masyarakat Sulut di Lapangan Mapolda Sulut, Selasa (29/9/2020).

Fatoni mengimbau seluruh masyarakat Sulut agar disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Masyarakat diharapkan memulai dari diri sendiri, lalu mengajak di sekitarnya untuk taat dan patuh terhadap penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Penerapan protokol sejatinya dapat menyelamatkan kita, keluarga kita,” ujarnya.

Suasana saat peluncuran Gerakan Sejuta Masker kepada Masyarakat Sulut oleh Polda Sulut di Lapangan Mapolda Sulut, Selasa (29/9/2020). (Foto: Istimewa)
Suasana saat peluncuran Gerakan Sejuta Masker kepada Masyarakat Sulut oleh Polda Sulut di Lapangan Mapolda Sulut, Selasa (29/9/2020). (Foto: Istimewa)

Selain itu, Fatoni juga mengajak masyarakat Sulut dari Miangas sampai Pinogaluman agar tetap memasifkan 3T (Test, Tracing dan Treatment) guna menekan kasus Covid-19. Kemudian, tetap memperhatikan disiplin protokol Covid-19 dengan menerapkan gerakan 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan sebagai instrumen dasar dalam mencegah penularan Covid-19.

Dia meminta agar masyarakat senantiasa mengingatkan keluarga, kerabat dan segenap masyarakat akan pentingnya hal ini. Penggunaan masker sejatinya dapat mencegah lebih kurang 85 persen penularan Covid-19 sehingga masyarakat harus terus disiplin menerapkan protokol Covid-19.

Fathoni berharap, dengan peluncuran Sulut sejuta masker, penggunaan masker semakin gencar di lingkungan di wilayah Sulut. Karena itu, Pemprov Sulut juga mengaja semua pihak untuk terus mengingatkan untuk menggunakan masker. "Dengan peluncuran Sulut Sejuta Masker ini, harapannya penggunaan masker semakin kuat di lingkungan kita,” ujarnya.

Sementara Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak menegaskan, Gerakan Sejuta Masker merupakan dukungan nyata Polda Sulut bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam pencegahan Covid-19 di Sulut, termasuk dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

“Kami sangat concern dalam mengatasi serta mencegah penyebaran Covid-19. Ini tentu masalah penting. Maka, ini harus jadi perhatian bersama. Polda Sulut telah membagikan masker di 15 titik. Polda Sulut juga komit dalam mengawal Pilkada Serentak 2020,” katanya.

Dalam kegiatan ini, Pjs Gubernur Sulut dan Kapolda Sulut juga menyapa secara virtual para pihak yang yang tengah membagikan masker di berbagai titik di kabupaten/kota di Sulut. Selain itu, dilakukan pemasangan secara simbolis stiker “marijo pakai masker” secara simbolis di angkutan umum serta peluncuran mobil pemburu pelanggar protokol Covid-19

Kegiatan Gerakan Sejuta Masker ini turut dihadiri jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Edwin Silangen serta pihak KPU dan Bawaslu.


Editor : Maria Christina