Polres Talaud Kembali Amankan Ratusan Miras Jenis Cap Tikus di Pelabuhan Lirung

Subhan Sabu ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 15:02 WITA
Polres Talaud Kembali Amankan Ratusan Miras Jenis Cap Tikus di Pelabuhan Lirung
Petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Kepulauan Talaud mengamankan ratusan liter minuman keras (miras) jenis Cap Tikus dari Kapal KM Barcelona II di Pelabuhan Lirung, Kamis (15/10/ 2020). (Foto: iNews/Subhan Sabu)

TALAUD, iNews.id - Satuan Reserse Narkoba Polres Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), kembali mengamankan ratusan liter minuman keras (miras) jenis Cap Tikus dari kapal KM Barcelona II, saat tiba di Pelabuhan Lirung, Kamis (15/10/2020) sekitar pukul 07.00 Wita. Miras tersebut disimpan dalam toilet dek 3 kapal.

Pengungkapan ratusan liter miras tersebut berawal dari informasi masyarakat. Petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Kepulauan Talaud langsung menindaklanjuti di bawah pimpinan Kanit Idik I Satuan Reserse Narkoba Bripka Paulus Tawi bersama anggota.

"Anggota berhasil mengamankan ratusan liter miras jenis Cap tikus dengan jumlah 438 liter. Miras ini dikemas dalam 1.400 botol air mineral ukuran 600 ml dan diisi dalam kardus berjumlah 35, lalu dimasukkan dalam karung plastik berjumlah 17 karung," kata Kasat Narkoba Polres Kepulauan Talaud Iptu Derry Eko Setiawan.

Iptu Derry mengatakan, pemilik miras tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Miras tersebut diduga diselundupkan dari Manado dan nantinya akan diperjualbelikan di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Saat ini barang bukti ratusan liter miras telah diamankan di Mapolres Kepulauan Talaud," katanya.

Terpisah Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma S Irawan saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan terus melaksanakan pencegahan dan penindakan terhadap masuknya miras di Kabupaten Kepulauan Talaud. Apalagi, dampak yang ditimbulkan mirasa sangat negatif.

Miras menjadi salah satu penyebab meningkatnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Miras juga merusak kesehatan masyarakat, khususnya bagi warga di Kabupaten Kepulauan Talaud.

”Kami imbau kepada warga untuk tidak mengonsumsi miras. Selain dampak yang ditimbulkan akan meningkatkan gangguan kamtibmas, ini juga mengganggu kesehatan,” katanya.

Sebelumnya pada Senin (12/10/2020), Polsek Lirung juga berhasil mengamankan ratusan liter miras jenis Cap Tikus dari Kapal Barcelona II. Kapal itu baru tiba di Pelabuhan Lirung, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Miras jenis Cap Tikus yang diamankan dari atas kapal yang baru tiba dari Manado itu berjumlah 250 liter. Minuman tersebut dikemas dalam wadah plastik dan disimpan dalam delapan kardus. Ada juga yang dikemas dalam botol ukuran 600 ml sebanyak 4 kardus.


Editor : Maria Christina