Polri Temukan 12 Lokasi Pelatihan Jamaah Islamiyah di Jawa Tengah 

Puteranegara Batubara · Senin, 28 Desember 2020 - 19:09:00 WITA
Polri Temukan 12 Lokasi Pelatihan Jamaah Islamiyah di Jawa Tengah 
Vila di kawasan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah yang diduga disewa Jamaah Islamiyah sebagai pusat pelatihan teroris. (Foto: Mabes Polri) 

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak12 lokasi yang diduga dijadikan lokasi pelatihan bagi kader Jamaah Islamiyah (JI) di Jawa Tengah (Jateng) ditemukan Densus 88 Antiteror Polri. Di tempat itu lah para kader JI dilatih bela diri dan perakitan bom. 

Salah satunya berlokasi di Desa Gintungan, Bandungan, Semarang. Namun polisi tak mengungkap detail 11 lokasi lainnya. 

"Kemarin kami sudah melihat bagaimana lokasinya yang ada di Semarang. Jaringan JI ini mempunyai beberapa lokasi di Jateng, saya tak bisa sebutkan di mana tapi ada 12 lokasi di Jateng," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2020). 

Argo menjelaskan di lokasi tersebut kelompok JI menyewa beberapa Vila yang dijadikan tempat pelatihan anggota-anggota Jamaah Islamiyah selama enam bulan pendidikan.

"Kemarin sudah kami tengok ke sana sudah kami lihat seperti apa pelatihan tersebut dan tentunya sudah kami sampaikan ada suatu tempat seperti rumah Vila, ada beberapa rumah yang digunakan untuk pelatihan di sana," ujar Argo. 

Dalam temuan di lokasi itu, polisi juga menyebut pelatihan tersebut dipimpin narapidana teroris Joko Priyono alias Karso yang ditunjuk sebagai pelatih oleh Amir atau Pimpinan JI, Para Wijayanto. Karso ditangkap pada 2019 lalu dan telah berstatus narapidana dengan masa hukuman 3,8 tahun penjara. 

Karso juga bertugas untuk merekrut pelatih. Setidaknya ada delapan orang yang diajak untuk menjadi pengajar kelompok tersebut.  

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2