Presiden Jokowi Siap Jadi yang Paling Depan Divaksin Covid-19

Fahreza Rizky ยท Rabu, 18 November 2020 - 11:36:00 WITA
Presiden Jokowi Siap Jadi yang Paling Depan Divaksin Covid-19
Presiden Jokowi saat meninjau simulasi vaksinasi covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap menjadi yang paling depan dan pertama disuntik vaksin Covid-19 di Indonesia. Penegasan ini Presiden sampaikan saat meninjau simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020).

"Kalau ada yang bertanya Presiden nanti di depan atau di belakang? Kalau oleh tim diminta saya yang paling depan ya saya siap," ujar Jokowi.

Dia memastikan Pemerintah terus mengupayakan kehadiran vaksin Covid-19 di Indonesia. Diharapkan vaksin Covid-19 bisa datang akhir November 2020 di Indonesia. Namun bila tidak bisa, maka berusaha dihadirkan pada Desember 2020.

"Kalau melihat di lapangan dan simulasi tadi, kita memperkirakan vaksinasi dimulai akhir tahun 2020 atau awal 2021. Karena memang proses persiapannya itu tidak hanya menerima vaksin kemudian langsung disuntikan, kita juga harus menyiapkan distribusi ke seluruh Tanah Air. Ini yang tidak mudah," kata Jokowi.

Presiden mengungkapkan, kelompok yang divaksin terlebih dahulu yaitu tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat atau paramedis, kemudian TNI-Polri dan aparatur sipil negara (ASN) yang memberikan pelayanan publik serta para guru.

Diketahui, dalam kunjungan di Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, Presiden Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Kunjungan ini tidak masuk dalam agenda resmi kenegaraan.


Editor : Donald Karouw