Profil RZ Panca Putra, dari Dirdik KPK Jabat Kapolda Sulut

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 22:09 WITA
Profil RZ Panca Putra, dari Dirdik KPK Jabat Kapolda Sulut
RZ Panca Putra Simanjuntak (paling kanan) saat dilantik sebagai Dirdik KPK oleh Ketua KPK Agus Rahardjo pada 2018. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mempromosikan Irjen Pol RZ Panca Putra sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut). Panca akan menggantikan Irjen Pol Royke Lumowa yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri.

Promosi jabatan Panca berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2247/VIII/KEP./2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Telegram tertanggal 3 Agustus 2020 itu ditandatangani Asisten SDM Polri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

“Irjen Pol RZ Panca Putra, Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Sulut,” bunyi salinan telegram tersebut.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, mutasi dan promosi jabatan merupakan hal lumrah di Polri. “Untuk penyegaran dan pembinaan personel,” tutur Argo, Selasa (4/8/2020).

Panca Putra sempat menjadi perhatian publik ketika namanya ditarik dari jabatan direktur penyidikan (dirdik) Komisi Pemberantasan Korupsi oleh Idham Azis. Sejumlah spekulasi pun sempat mencuat akibat penarikan tersebut.

Namun Polri menegaskan penarikan Panca dari lembaga antirasuah justru sebagai promosi. Jenderal alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1990 itu diberi tugas baru sebagai widyaiswara (tenaga pengajar/dosen) di Lemdiklat untuk job bintang dua atau irjen pol.

Hal senada dilontarkan Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri. Menurut dia, penarikan Panca berdasarkan surat permohonan bernomor B/2829/V/KEP./2020/SSDM tentang permohonan pengembalian perwira tinggi Polri yang bertugas di lingkungan KPK.

"Benar, Pak Panca Putra yang saat ini menjabat Dirdik KPK akan kembali bertugas ke institusi asalnya karena mendapat promosi jabatan di Polri," kata Ali, Jumat (8/5/2020).

Karier Panca termasuk cemerlang di Korps Bhayangkara. Dia pernah menjabat sebagai Kapolres Banyumas dan Kapolres Tegal sebelum dipromosikan sebagai Wadirreskrimsus Polda Jateng (2011).

Polisi kelahiran 1969 ini kemudian dipromosikan sebagai Dirreskrimsus Polda Kalimantan Tengah setahun berikutnya. Dari Kalteng, dia ditarik untuk menjadi dosen utama STIK Lemdikpol (2013).

Pada 2017, oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dia ditunjuk untuk menjabat sebagai Wadirtipidum Bareskrim Polri. Pada 2018, Panca mengikuti seleksi jabatan dirdik KPK.

Dia akhirnya terpilih setelah mengalahkan empat kandidat lainnya yang dua di antaranya dari Polri, satu dari Kejagung dan satu lainnya dari penyidik internal KPK. Panca dilantik sebagai dirdik KPK menggantikan seniornya, Aris Budiman, pada September 2018.

Dengan mutasi terbaru ini, Panca berarti hanya dua bulan menjabat widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Dia segera menjabat sebagai Kapolda Sulut.


Editor : Zen Teguh