Proyek Kanal Tanggidaa Dikebut, Diharapkan Bisa Atasi Banjir dan Genangan Air di Gorontalo

Antara · Minggu, 04 September 2022 - 16:37:00 WITA
Proyek Kanal Tanggidaa Dikebut, Diharapkan Bisa Atasi Banjir dan Genangan Air di Gorontalo
Pembangunan Kanal Tanggidaa di Kota Gorontalo. (Foto: Antara/HO-PUPR)

GORONTALO, iNews.id- Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo Romen S Lantu, mengatakan proyek pembangunan Kanal Tanggidaa di Kota Gorontalo mencapai 36 persen. Pekerjaan segera rampung dalam beberapa waktu ke depan untuk mengatasi banjir dan genangan air yang kerap terjadi di daerah tersebut.

“Saat ini yang telah dilakukan adalah galian lumpur yang sementara dilaksanakan, pembongkaran beton-beton yang menjadi plat pelintas dan pekerjaan kantong lumpur," kata Romen di Gorontalo, Sabtu (3/9/2022).

Ia menjelaskan pembuatan kantong lumpur awalnya hanya lima unit, tetapi setelah disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan maka bertambah menjadi sembilan unit untuk mengantisipasi saluran dari pemukiman masyarakat.

“Itu semua kami lakukan untuk menampung buangan dari saluran di Jalan Nani Wartabone dan saat ini yang sudah selesai itu ada lima unit kantong lumpur," katanya.

Menurutnya material utama berupa baja bergelombang atau aramco yang telah tiba beberapa waktu lalu di lokasi akan segera dipasang pada Kanal Tanggidaa.

Ia berharap pemasangan aramco akan mempercepat progres pembangunan kanal banjir tersebut.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: