Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Pemberdayaan UMKM harus Lebih Serius

Antara · Jumat, 02 Juli 2021 - 18:37:00 WITA
Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Pemberdayaan UMKM harus Lebih Serius
Peragaan busana menggunakan kain sulaman khas Gorontalo, karawo, saat Hulondalo Art and Craft Festival 2021, Kamis (1/7/2021). (Foto: Antara) 

GORONTALO, iNews.id - Pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akan dapat memulihkan perekonomian di tengah pandemi. Keseriusan  dibutuhkan dalam pemberdayaan tersebut.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan  pemulihan ekonomi jangan menunggu pandemi selesai, namun perlu ada upaya kreatif untuk itu.

"Kondisi perekonomian Provinsi Gorontalo hingga triwulan I 2021, masih mengalami kontraksi sebesar negatif 1,9 persen. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah mendorong para pelaku UMKM untuk tumbuh," ujarnya di Gorontalo, Kamis (1/7/2021).

Stimulus perlu diberikan kepada pelaku UMKM, termasuk yang bergerak di bidang industri kreatif.

Idris menuturkan, Gorontalo memiliki banyak potensi ekonomi kreatif seperti kuliner, fashion, kriya, seni pertunjukan, musik, dan fotografi. 

"Jika seluruh potensi itu dikelola dengan baik, akan mampu memacu pertumbuhan ekonomi. Kemarin kami menggelar Hulonthalo Art and Craft Festival 2021 yang dihadiri Kemenparekraf. Saya berharap kegiatan itu bisa mendorong industri kreatif," ujarnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BI Gorontalo, Budi Widihartanto  mengungkapkan pembiayaan perbankan bagi sektor UMKM di Provinsi Gorontalo sempat mengalami penurunan hingga 10 persen pada periode Desember 2020 hingga Januari 2021. 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2