Sambil Terisak, Kadisdukcapil Gorontalo Utara Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Jabatan

Antara · Rabu, 16 Juni 2021 - 08:07:00 WITA
Sambil Terisak, Kadisdukcapil Gorontalo Utara Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Jabatan
Kadisdukcapil Gorontalo Utara, Sarce Kandou sebagai terpanggil dalam rapat hak angket DPRD terkait proses penyelidikan kepada para pihak. (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id – Tudingan adanya jual beli jabatan dibantah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Sarce Kandou. Kata dia tidak ada jual beli jabatan untuk menduduki jabatan eselon II di lingkungan pemerintahan daerah tersebut. 

"Saya tidak bersalah. Saya dilantik sebagai Kadisdukcapil setelah mengikuti seleksi (job biding). Setelah dinyatakan lulus dan mendapatkan predikat terbaik, saya diundang untuk dilantik sesuai surat keputusan (SK) bupati untuk menjabat Kadisdukcapil. Ketika pihak Kementerian Dalam Negeri minta batalkan, itu di luar kuasa saya," kata Sarce Kandou, Kadisdukcapil Gorontalo Utara, di Gorontalo, Selasa (15/6/2021).

Sambil terisak, ia menegaskan tidak ada jual beli kursi jabatan di pemerintahan daerah itu. Terkait kebijakan pelantikannya yang langsung disusul dengan pembatalan oleh pihak Kemendagri.

Ia mengatakannya pada rapat panitia hak angket Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, terkait kesalahan prosedur yang dilakukan dalam pelantikan dirinya pada tahun 2020.

"Sebagai aparatur sipil negara (ASN), saya diundang untuk mengikuti seleksi job biding untuk jabatan tersebut. Mengikuti tahapan seleksi mulai dari wawancara, tes penulisan makalah, tes kompetensi terkait ruang lingkup yang akan dijabat," katanya.

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel: