Setelah Laris Diekspor ke 8 Negara, Tanaman Hias Alocasia Sulut Kini Tembus Jerman

Cahya Sumirat ยท Kamis, 24 Juni 2021 - 12:22:00 WITA
Setelah Laris Diekspor ke 8 Negara, Tanaman Hias Alocasia Sulut Kini Tembus Jerman
Tanaman hias Alocasia dari Sulut kini telah diekpor ke sembilan negara. (Foto: Dok. Karantina Pertanian)

MANADO, iNews.id – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali melakukan ekspor tanaman hias Alocasia ke Jerman sebanyak 100 batang. Alocasia, merupakan salah satu jenis tanaman hias yang berbunga rhizomatous dan berdaun lebar dari keluarga Aracea. 

“Sebelumnya sudah diekspor ke delapan negara lain, nah sekarang nambah satu,” kata  Kepala Karantina Pertanian Manado,  Donni Muksydayan Saragih melalui keterangan tertulisnya di Manado, Kamis (24/6/2021).

Menurutnya, yang terpenting dari ekspor tanaman hias adalah tetap menjaga plasma nutfah kekayaan hayati Indonesia dan juga tanaman dalam keadaan sehat, memenuhi persyaratan sanitari dan fitosanitari negara tujuan. Meski pengirimannya belum banyak, ekspor perdana tersebut menjadi jalan untuk ekspor selanjutnya. 

“Yang terpenting selain kuantitas atau jumlah adalah kualitas, apa yang kita kirim harus terjamin kesehatannya tidak ada hama penyakitnya, sehingga kontinuitas atau keberlanjutan pengiriman bisa dijaga, itu yang penting,” tutur Donni.

Jerman menjadi negara ke sembilan tujuan ekspor Alocasia, setelah sebelumnya tanaman hias ini sudah diekspor ke Singapura, Amerika Serikat, Thailand, Malaysia, Hong Kong, Guam, Korea Selatan dan Rusia. 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: