Sosok Irjen Helmy Santika, Jenderal Berkarier Cemerlang Jabat Kapolda Gorontalo 

Donald Karouw · Rabu, 22 Juni 2022 - 12:40:00 WITA
Sosok Irjen Helmy Santika, Jenderal Berkarier Cemerlang Jabat Kapolda Gorontalo 
Irjen Pol Helmy Santika yang dimutasi dengan jabatan baru sebagai Kapolda Gorontalo. (Foto : Instagram/Helmysantika1993)

JAKARTA, iNews.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi 120 perwira menengah dan perwira tinggi Polri. Di antaranya Kapolda Gorontalo yang akan dijabat Irjen Pol Helmy Santika.

Mutasi jabatan ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1217/VI/KEP./2022. Staf Ahli Manajemen Kapolri Irjen Pol Helmy Santika mengisi jabatan baru sebagai Kapolda Gorontalo menggantikan Irjen Pol Akhmad Wiyagus dimutasi menjadi Kapolda Lampung.

Jejak karier Irjen Helmy di Polri terbilang cemberlang. Di usia yang belum genap 50 tahun, dia sudah menyandang pangkat jenderal Polri bintang dua.

Hal ini berkat kesuksesannya mengungkap kasus pinjaman online sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Kapolri pada 2021 silam. Ketika itu, Irjen Helmy masih berpangkat Brigjen dengan menjabat sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri.

Berkat tangan dinginnya, dia mendapat promosi jabatan dan naik pangkat menjadi Sahlijemen Kapolri. Setengah tahun lebih menjabat sebagai Sahlimejen Kapolri sekaligus Kasatgas Pangan yang turut mengawasi minyak goreng, dia mengisi jabatan Kapolda Gorontalo.

Dengan mengisi posisi Kapolda, kariernya di Polri pun semakin lengkap karena selalu mengisi jabatan yang strategis baik sebagai Kapolsek, Kapolres/ta, perwira utama di jajaran Polres-Polda dan kini menjadi Kapolda.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: