Stok Beras Sulut Aman Tapi Harga Mulai Naik

Arther Loupatty ยท Senin, 27 April 2020 - 11:45 WIB
Stok Beras Sulut Aman Tapi Harga Mulai Naik
Stok Beras Aman Tapi Harga Mulai Naik ( Foto : iNews/Arther )

MANADO, iNews.id - Harga beras di pasar tradisional Kota Manado terpantau mulai naik. Kenaikan ini ditengarai dampak pandemi virus Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut) dan kebijakan pemerintah membatasi akses masuk kendaraan ke kabupaten/kota.

Pedagang Pasar Bersehati Manado, Abdul mengatakan, harga beras sekarang naik karena terkendala distribusi. Pesanan beras dari Gorontalo yang biasa sampai dalam dua hari kini menjadi seminggu. Bahkan harga beras dari distributor sekarang Rp720.000 per karung, padahal biasanya Rp680.000 per karung.

"Untuk harga jual sekarang Rp12.000 per kilogram, biasa hanya Rp 11.500. Pendapatan biasanya sampai Rp10 juta sehari, sekarang cari Rp1 juta sangat sulit," kata Abdul, Senin (27/4/2020).

Apalagi saat ini dalam kondisi puasa ramadan. Dia menilai omset pendapatan sulit bertambah karena aktivitas penjualan beras sangat kurang. Pembeli di pasaran tradisional kian sepi.

"Kalau biasanya bulan puasa pesanan untuk 150 karung beras bisa habis dalam tiga hari, sekarang sudah hampir seminggu belum habis," ucapnya.

Hal serupa dirasakan Amir, pedagang beras di Pasar Bersehati lainnya. Harga beras kini naik menjadi Rp12.000.

"Keuntungan yang diperoleh memang sedikit, harus menyesuaikan penjualan dengan tempat lain," katanya.

Sebelumnya, Pemprov Sulut memastikan stok beras aman hingga beberapa bulan ke depan. Masyarakat diimbau tidak perlu khawatir akan ketersediaan stok pangan.


Editor : Arther Loupaty