Stok Vaksin Covid-19 Produksi Bio Farma Bertambah 16-18 Juta Dosis

Leonardus Selwyn · Senin, 03 Mei 2021 - 13:52:00 WITA
Stok Vaksin Covid-19 Produksi Bio Farma Bertambah 16-18 Juta Dosis
Pemerintah memastikan kecukupan stok vaksin. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id -  Stok vaksin Covid-19 pemerintah kini bertambah sebanyak 16 hingga 18 juta dosis. Vaksin tersebut merupakan hasil produksi Bio Farma sepanjang April 2021. 

Diketahui dalam beberapa kali pengirimannya, Sinovac tak hanya mengirimkan vaksin dalam bentuk jadi kepada pemerintah Indonesia, namun mereka juga mengirimkan vaksin dalam bentuk bahan mentah. 

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Senin (3/5/2021), tambahan vaksin tersebut merupakan bagian dari target 47 juta dosis yang merupakan hasil produksi dari vaksin bulk Sinovac yang dikirimkan beberapa waktu lalu ke Tanah Air. 

Diharapkan vaksin jadi tersebut lulus uji dan mendapatkan pelulusan produk dari Badan pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai regulator yang mengawasi keamanan dan khasiat vaksin di Indonesia pada Mei 2021. Sehingga vaksin tersebut bisa segera didistribusikan dan dibagikan kepada para masyarakat yang membutuhkan. 

Oleh sebab itu, masyarakat yang belum mendapatkan jatah vaksin diharap bisa lebih bersabar dan tetap mensukseskan program vaksinasi Covid-19 dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yakni: Memakai masker, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan rutin Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. 

Editor : Cahya Sumirat