Tinjau RS Darurat Covid, Olly Dondokambey: Mudah-Mudahan Tidak Sampai Dipakai

Antara ยท Rabu, 28 Juli 2021 - 05:23:00 WITA
Tinjau RS Darurat Covid, Olly Dondokambey: Mudah-Mudahan Tidak Sampai Dipakai
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, meninjau kesiapan Rumah Sakit Darurat Covid-19. Tempat tersebut memanfaatkan salah satu tower Rusunawa Kelurahan Sagerat Weru Satu, Kecamatan Matuari, Kota Bitung.

Gubernur Olly Dondokambey mengatakan, pemanfaatan Rusunawa Sagerat ini sebagai RS Darurat Covid-19 merupakan kesepakatan antara Pemerintah Provinsi Sulut dengan Pemerintah Kota Bitung.

"Untuk menunjang ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19, kita siapkan benar-benar. Apabila RSUD Bitung sudah penuh, sebagian pasien nantinya bisa dirawat di RS Darurat ini," ujar dia di Kota Bitung, Sulut, Selasa (27/7/2021).

Gubernur juga menyatakan pihak Pemprov Sulut siap membantu melengkapi fasilitas RS Darurat Covid-19 di Kota Bitung. Meski begitu, mudah-mudahan RS Darurat ini tidak digunakan.

"Walaupun sudah kita persiapkan, tetapi kita berdoa supaya tidak digunakan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Bitung, Pitter Lumingkewas mengatakan, satu tower Rusunawa ini terdapat sekitar 96 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas toilet, air bersih, instalasi listrik dan limbah.

Selain itu juga terdapat fasilitas ruangan yang ke depan bisa digunakan untuk kantor serta ruang perawatan, farmasi, laboratorium, ruang tenaga kesehatan, dapur, kamar jenazah, dan tempat parkir.

"Pemkot Bitung akan secepatnya melengkapi fasilitas serta instalasi yang dibutuhkan antara lain kelengkapan ruang perawatan pasien, pelayanan medis, farmasi dan laboratorium," kata Pitter

Editor : Andi Mohammad Ikhbal