Tol Manado-Bitung Beroperasi, Pengguna Wajib Bayar Pakai Uang Elektronik

Antara ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 11:10 WIB
Tol Manado-Bitung Beroperasi, Pengguna Wajib Bayar Pakai Uang Elektronik
Gerbang Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) yang akam diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Rabu (22/7/2020). (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan operasional Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (22/7/2020). Bank Indonesia (BI) Sulut pun memastikan sistem pembayaran jalan tol sudah siap beroperasi dan para pengguna wajib membayar secara nontunai.

"Semua sudah siap, baik perbankan maupun sistemnya," kata Kepala Perwakilan BI Sulut Arbonas Hutabarat di Manado, Selasa (22/7/2020).

Arbonas mengatakan, BI bekerja sama dengan perbankan untuk penerapan pembayaran nontunai atau uang elektronik tersebut. Lima bank nasional dan satu bank lokal siap menjadi pelaksana sistem pembayaran dengan menyediakan uang elektronik yakni Bank SulutGo (BSG), BNI, BRI, BCA, Mandiri dan BTN.

Para pengguna jasa tol nantinya wajib menggunakan sistem pembayaran nontunai untuk membayar tarif masuk tol. "Kami sudah siapkan melalui perbankan yang bekerja sama. Sebelumnya sudah beberapa kali uji coba. Kami pastikan sistem pembayaran siap," kata Arbona.

Dia menjelaskan pembayaran melakukan uji coba transaksi awal sampai 'settlement' terakhir pada hari ini. Digitalisasi sistem pembayaran di tol wajib dilakukan demi efisiensi dan keamanan. .

"Dengan uang elektronik lebih praktis, mudah dan aman. Apalagi saat ini di tengah pandemi Covid-19. Pembayaran nontunai meminimalisasi risiko penularan," katanya.

Untuk tahap pertama, tol Manado-Bitung belum akan operasional sepenuhnya. Ruas Manado-Airmadidi-Kauditan dioperasikan lebih dulu dan di ruas jalan ini terdapat tiga pintu.


Editor : Maria Christina