Video Viral Protes Bupati Boltim Soal Banpres, Kementerian Koperasi dan UKM Turun Tangan

Subhan Sabu ยท Minggu, 27 Desember 2020 - 07:57:00 WITA
Video Viral Protes Bupati Boltim Soal Banpres, Kementerian Koperasi dan UKM Turun Tangan
Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews,id -  Kementerian Koperasi dan UKM menanggapi video viral Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sehan Salim Landjar. Video soal penyaluran bantuan presiden (Banpres) produktif usaha mikro tersebut langsung ditanggapi Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman.

Menurut Hanung, mencermati komentar Bupati Boltim Sehan Salim Landjar, ada kesalahpahaman dan ketidakakuratan informasi yang perlu diluruskan kepada publik.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Sehan via telepon secara langsung tanggal 25 Desember 2020. Beliau juga sudah dapat menerima penjelasan kami. Secepatnya kami sendiri akan terbang ke Boltim dan berencana melakukan klarifikasi untuk konferensi pers bersama pak bupati untuk menjelaskan beberapa hal," kata Hanung Harimba Rachman dalam video yang diunggah di media sosial instagram, Minggu (27/12/2020).

Pertama menurut Hanung, tidak benar tudingan Pemda tidak dilibatkan oleh kementerian dalam program ini. Sosialisasi kepada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi, Kabupaten dan Kota bahkan sudah dilakukan sejak program akan digulirkan.

Menurutnya, beberapa kebijakan telah dirilis Kemenkop UKM untuk memastikan akuntabilitas antara lain Permenkop Nomor 6 tahun 2020 tentang pedoman umum penyaluran bantuan pemerintah bagi usaha mikro. Kemenkop Nomor 101 tahun 2020 tentang penetapan tim pokja penyaluran banpres dan Juklak Nomor 98 tahun 2020 tentang petunjuk pelaksanaan banpres produktif untuk usaha mikro.

Editor : Cahya Sumirat