Waspada! Ada 360 Kasus DBD di Gorontalo pada Januari-Juli 2022

Antara ยท Jumat, 30 September 2022 - 21:16:00 WITA
Waspada! Ada 360 Kasus DBD di Gorontalo pada Januari-Juli 2022
Kasus Demam Berdarah Dengue di Gorontalo. (Foto: Antara/Tangkapan layar laman dikes)

GORONTALO, iNews.id - Kasus demam berdarah di Gorontalo patut diwaspadai. Pasalnya, ada 360 kasus demam berdarah dengue (DBD) di daerah tersebut selama bulan Januari-Juli 2022.

“Mohon mewaspadai DBD karena kasusnya lagi tinggi. Cermati gejala-gejalanya, agar tidak terlambat menangani penderita DBD,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman, Jumat (30/9/2022).

Dari 360 kasus, sebanyak 85 kasus terjadi di Kabupaten Gorontalo, 75 kasus di Kabupaten Bone Bolango, 66 kasus di Kota Gorontalo, 57 kasus di Kabupaten Boalemo, 56 kasus di Kabupaten Pohuwato, dan 21 kasus di Kabupaten Gorontalo Utara.

Sedangkan pasien yang meninggal pada periode tersebut sebanyak delapan orang, yang terdiri dari Kota Gorontalo tiga orang, Kabupaten Gorontalo dua orang, Boalemo satu orang, Bone Bolango satu orang, dan Gorontalo Utara satu orang.

Menurutnya masyarakat dapat melakukan langkah-langkah pencegahan DBD seperti melakukan Gerakan 1 Rumah 1 Juru Pemantau Jentik (Jumantik), dengan pemberantasan sarang nyamuk di tempat-tempat umum dan perkantoran.

“3M plus harus dilakukan yakni menguras tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali barang bekas yang berpotensi jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah,” katanya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: