Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem di Sulut dan 21 Provinsi Lain akibat Peralihan Musim 

Binti Mufarida · Jumat, 08 Oktober 2021 - 12:50:00 WITA
Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem di Sulut dan 21 Provinsi Lain akibat Peralihan Musim 
BMKG meminta waspada potensi cuaca ekstrem di 22 provinsi 10 hari kedepan. (Foto: Ilustrasi/sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta waspada potensi cuaca ekstrem di Sulawesi Utara (Sulut) dan 21 provinsi lain 10 hari ke depan. Dari analisa BMKG, secara umum kondisi atmosfer di sebagian besar wilayah Indonesia masih cukup basah untuk sepekan ke depan, terutama di wilayah barat dan tengah. 

“Sementara itu pola belokan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang dapat mengakibatkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan teridentifikasi masih terjadi di beberapa wilayah Indonesia,” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Jumat (8/10/2021). 

Selain itu, BMKG juga menganalisa suhu muka laut dan anomali suhu muka laut juga terpantau masih hangat di sebagian besar perairan di Indonesia yang dapat mendukung peningkatan suplai uap air sebagai sumber pembentukan awan-awan hujan secara regional. 

“Berdasarkan kondisi tersebut diuraikan diatas, BMKG memprakirakan potensi hujan sedang-lebat, yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang dalam periode 07 - 13 Oktober 2021 terdapat di wilayah provinsi,” tulis BMKG. 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: