Sebanyak 1.075 peserta mendaftarkan diri secara daring pada bursa kerja (job fair) virtual yang dilaksanakan di Hotel Luwansa, Rabu (3/8/2022). (Foto: Antara)
Antara

MANADO, iNews.id - Sebanyak 1.075 peserta mendaftarkan diri secara daring pada bursa kerja (job fair) virtual yang dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Bursa kerja tersebut dibuka mulai 3-5 Agustus.

"Para pencari kerja tersebut telah mendaftar melalui sistem aplikasi yang kami sediakan," sebut Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Pekerja Disnakertrans Sulut, Lucky Taju di Manado, Rabu (3/8/2022).

Bursa kerja tersebut akan memfasilitasi antara pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan pengetahuan, keterampilan, bakat dan minat.

Selain itu, membantu pelaku usaha mendapatkan tenaga kerja berkualitas dan profesional sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dari bursa kerja ini juga akan diketahui kecenderungan tingkat pendidikan, jenis kelamin, jenis pekerjaan dan lowongan kerja sebagai bahan perencanaan pelatihan.

"Paling penting juga adalah tujuan dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka mengurangi pengangguran di daerah ini," sebut dia.

Berdasarkan wilayah, kata dia, ada sebanyak 24 perusahaan di Kota Manado yang membuka lowongan kerja, selanjutnya di Kabupaten Minahasa Utara (empat perusahaan), dari Sumatera (satu perusahaan) dan Jawa (dua perusahaan).

Sementara berdasarkan bidang usaha, perhotelan (enam perusahaan), tenaga kerja (tiga perusahaan), distributor (enam perusahaan), retail (tujuh perusahaan), jasa keuangan (enam perusahaan) dan perdagangan (empat perusahaan).

"Baik pencari kerja dan perusahaan tidak dipungut biaya dalam pembukaan bursa kerja ini," ujarnya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT